Calon Independen Pilkada NTB Diyakini Lolos

Pasangan Calon Gubernur Wakil Gubernur NTB dari jalur independen Ali-Sakti (tengah)

Mataram, redaksimedinas.com – Meski saat ini verifikasi faktual dukungan perbaikan bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dari jalur perseorangan Ali-Sakti sudah memasuki tahap pleno di tingkat kabupaten/kota se- NTB, namun Paslon yang dikenal dengan jargon Maju Bersama Rakyat ini dipastikan lolos mengikuti tahapan Pilkada berikutnya, yakni penetapan calon Gubernur-Wakil Gubernur NTB oleh KPU 12 Februari mendatang.

Tim Ali-Sakti sendiri optimis jika Paslon dari perpaduan basis organisasi masa NU dan NW ini akan bisa mengikuti kontestasi Pilkada NTB bersama tiga Paslon lainnya yang diusung dari koalisi Parpol. Keyakinan tim semakin kuat berdasarkan data hasil verifikasi faktual dukungan perbaikan yang dihimpun oleh tim Ali-Sakti, hasilnya menunjukkan dukungan yang Memenuhi Syarat (MS) sudah melampui syarat minimal.

“Alhamdullilah, ya kita sudah memenuhi syarat, sudah melewati angka 50.513 dari kekurangan yang harus dipenuhi. Kita sudah ada bayangan yang cukup menggembirakan dari data internal yang kita kumpulkan,” kata Ketua Tim Pemenangan Ali-Sakti, Basri Mulyani, Jumat, (9/2) di Mataram.

Terpisah Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori menjelaskan, jika pasangan Ali-Sakti ingin lolos dan ditetapkan sebagai pasangan calon pada 12 Februari mendatang bersama tiga pasangan lainnya dari jalr Parpol diwajibkan untuk memenuhi kekurangan dukungan hasil verifikasi tahap pertama.

“Sebagaimana diketahui bersama pada verfikasi tahap pertama, Ali-Sakti menyerahkan dukungan KTP sebanyak 327 ribu lebih. Ternyata dari dukungan sebanyak itu pasangan Ali-Sakti masih kekurangan 50.513 dukungan dari total 303.331 syarat dukungan sah. Karena itu KPU kembalimenerima dukungan KTP tiga kali lipat dari dua kali lipat yang diwajib oleh KPU yakni 134 ribuan lebih,” ujar Aksar.

Aksar menambahkan, pada verifikasi faktual tahap pertama, paslon Ali-Sakti kekurangan dukungan KTP sebanyak 50.513 dan jumlah ini yang harus dipenuhi selama masa perbaikan. “Jika pasangan Ali-Sakti bisa memenuhi kekurangan itu maka dipastikan akan lolos sebagai calon yang akan ditetapkan tanggal 12 Februari. Sebaliknya bila tidak memenuhi syarat maka tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya,” pungkas Aksar. (Hrw)

About Media Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*